Manajemen Minum yang Baik dan Menyehatkan

Oleh: Badiatul Muchlisin Asti

Sumber ilustrasi: Sidomi.com

Sumber ilustrasi: Sidomi.com

Umumnya kita minum saat makan dan setelah makan. Bahkan terkadang dalam jumlah banyak. Ternyata, kebiasaan itu tidak baik bagi kesehatan. Seorang ilmuwan ahli biofisika dan biokimia, yang juga seorang pakar pengobatan alternatif, Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad as-Sayyid dalam bukunya at-Taghdziyah an-Nabawiyah menyatakan, minum air dalam jumlah banyak saat makan sangat berbahaya sekali, karena dapat meminimalisir keluarnya asam di lambung, yang kemudian membuat makanan tidak dicerna dengan baik. Selain itu, mempersulit gerakan makanan di dalam usus.

Dr. Husen A. Bajry dalam bukunya Tubuh Anda Adalah Dokter Terbaik, memiliki penjelasan menarik dan mudah dipahami tentang bahayanya minum saat makan atau setelah makan. Saat kita makan, makanan yang kita kunyah di dalam mulut akan bercampur dengan air liur yang memilki kandungan “enzim amilase” yang salah satu fungsinya adalah memudahkan penghancuran makanan dalam proses pengunyahan dan membantu menyempurnakan pengolahan makanan di dalam lambung. Lalu saat makanan ditelan, ia akan bercampur dengan berbagai enzim dan cairan di dalam lambung untuk menyempurnakan pengolahan makanan.

Air yang kita minum saat makan atau setelah makan akan memisahkan makanan yang sudah bercampur dengan berbagai enzim tadi. Hal itu menjadikan proses pengolahan makanan menjadi terganggu dan tidak sempurna. Sehingga nutrisi yang diserap tubuh juga tidak maksimal dan pembuangan sisa olahan tubuh akan terhambat, yang akhirnya memunculkan berkembangnya beberapa gejala penyakit seperti perut kembung dan susah buang air besar (konstipasi).

Lalu kapan saat yang tepat kita minum? Sebaiknya kita minum 2 jam sebelum atau 2 jam sesudah makan. Atau praktisnya, saat bangun tidur minum 2 gelas, setiap 2 jam sesudah atau 2 jam sebelum makan, dan 2 jam sebelum tidur. Kalaupun minum ketika makan, sebaiknya hanya minum paling banyak ½ gelas air, itu pun biasakan dikumur-kumur dulu sebelum ditelan agar air tadi bercampur enzim dalam mulut.*

Categories: Tips Sehat Alami & Thibb an-Nabawi | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: