Bersedekahlah Sebelum Terlambat

Oleh: Badiatul Muchlisin Asti

Penyesalan selalu datang belakangan. Tak ada penyesalan yang tiba di depan. Itu artinya, sebelum berbuat, pikirkanlah dahulu matang-matang, agar penyesalan tak datang kemudian. Kalau penyesalan saat masih di dunia, barangkali tidak mengapa, masih ada penawarnya. Namun, bagaimana bila penyesalan tiba saat kematian sudah menjemput jiwa. Inilah penyesalan paling sejati yang harus diantisipasi.
Dalam Al-Qur’an surat Al-Munafiqun ayat 10, Allah Swt berfirman: “Dan infaqkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: ‘Ya Tuhan-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)-ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?’”
Dalam ayat di atas, Allah Swt memperingatkan kepada kita agar menginfaqkan sebagian dari harta kita, sesegera mungkin, tanpa ditunda lagi, sebelum datang kematian. Artinya, jangan sampai maut keburu menjemput, sedang harta belum sempat diinfaqkan. Lalu, saat sekarat, kita pun merengek meminta tangguh kepada Allah, agar detik kematian kita ditunda barang beberapa saat, agar kita berkesempatan untuk menyedekahkan harta kita dan berbuat amal saleh.
Namun, sesal tak dapat dielakkan. Saat kematian tak bisa ditunda, barang sedetik pun. Sebagaimana firman-Nya di ayat selanjutnya (11), “Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. Maha Benar Allah dengan segala Firman-Nya. [*]

Categories: Motivasi Ibadah & Amal Shalih | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: