Dahsyatnya Keberkahan Mendoakan Orang Lain

Oleh: Badiatul Muchlisin Asti

Koran Suara Merdeka edisi 23 Januari 2011 di rubrik Gagasan, memuat tulisan Saudara Iksanudin berjudul “Menabung Pahala Yuk…”. Dalam tulisan tersebut, Saudara Iksanudin mengajak kita semua untuk menabung pahala dengan cara sesering mungkin mendoakan orang lain. Sebuah ajakan yang mulia, karena dengan mendoakan orang lain, mengandung keberkahan yang dahsyat yang manfaatnya akan kembali kepada pelakunya.
Mendoakan orang lain memang merupakan kebajikan yang utama. Bahkan dalam Islam, mendoakan orang lain ternyata merupakan salah satu rahasia mustajabnya sebuah doa, sebagaimana sabda Nabi Saw: “Empat doa yang tidak akan ditolak, yaitu: doa orang yang haji hingga kembali; doa orang yang berperang (berjihad) hingga berhenti; doa orang yang sakit hingga sembuh; dan doa seseorang terhadap saudaranya tanpa sepengetahuannya. Dan doa yang paling cepat diterima di antara doa-doa tersebut adalah doa seseorang terhadap saudaranya tanpa sepengetahuannya.” (HR. Ad-Dailami).
Hadits itu diperkuat dengan hadits lainnya, “Apabila seorang muslim mendoakan kepada saudaranya tanpa sepengetahuannya, maka malaikat akan mengatakan, ‘Semoga Allah mengabulkan permohonan itu. Dan engkau pun akan mendapatkannya’.” (HR. Muslim).
Itulah di antara indahnya Islam. Islam menghancurkan sendi-sendi egoisme dan mengajarkan kebersamaan, termasuk dalam doa dan ibadah. Dengan demikian, ibarat pepatah “sekali mendayung dua atau tiga pulau terlampaui”, dengan senantiasa memanjatkan doa untuk saudara-saudara kita, berarti kita sekaligus telah mendoakan untuk diri kita sendiri, sekaligus juga telah menempuh cara agar doa itu makbul atau diijabahi oleh Allah Swt. Sungguh dahsyat bukan? [*]

About these ads
Categories: Motivasi Ibadah & Amal Shalih | 5 Komentar

Navigasi tulisan

5 gagasan untuk “Dahsyatnya Keberkahan Mendoakan Orang Lain

  1. iya, subhanallah Allah Maha Besar, Maha Pemurah Maha Penyayang

  2. feda

    Subhanalloh puh… sekarang aku baru sadar selama ini terlalu egois,, selalu mendoakan diri sendiri, sehingga lupa mendoakan orng lain,,, semoga dengan membaca blog ini jd semakin terbuka untuk saya pribadi untuk mendoakan orng lain,,,,
    semoga pintu berkah terbuka untuku dan sodara’ ku,,, amin…

  3. assalamualaikum kepada admin…
    Bagaimana pula kita berdoa kepada orang yang bukan Islam supaya diberi hidayah dan petunjuk oleh Allah?…adakah golongan ini pun saudara?

  4. edy

    subhanallah

  5. muhammad zul

    semoga Allah memakbulkan doa untuk kawan aku :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: